20 September 2015

Sejarah Umum ISMKI

logo ismki text indonesia lebih kecil

Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia atau disingkat ISMKI merupakan organisasi kemahasiswaan kedokteran terbesar di Indonesia sekaligus sebagai representasi mahasiswa kedokteran dari Sabang sampai Merauke. Lahir pada tahun 1969, ISMKI telah mengalami berbagai macam liku-liku untuk tetap tumbuh dan berkembang demi pengembangan mahasiswa kedokteran Indonesia khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya, yang tentu saja juga diemban oleh organisasi kemahasiswaan dari jurusan manapun.

ERA SEBELUM IMKI

Pergerakan yang dilakukan oleh pemuda Indonesia pada era sebelum kemerdekaan tidak bisa dipungkiri tidak lepas dari peran penting mahasiswa kedokteran. Boedi Oetomo, organisasi pergerakan pemuda ini didirikan oleh mahasiswa kedokteran (dr. Soetomo dkk) atas dasar gagasan dr. Wahidin Soedirohoesodo. Pun Peristiwa Rengasdengklok, secuil kejadian sebelum kemerdekaan namun memiliki arti yang tidak kecil ini dirapatkan di Ruang Praktikum Mikrobiologi, Cikini. Masih banyak peristiwa sejarah yang menjadi saksi sepak terjang mahasiswa kedokteran demi Indonesia dan seharusnya semangat itu masih membara di dada kita.

PEMBENTUKAN IMKI

Berawal dari keinginan dan kebutuhan akan suatu wadah untuk menyatukan aspirasi mahasiswa kedokteran, muncul gagasan untuk membentuk organisasi nasional. Di sisi lain, kepergian beberapa mahasiswa UI (Biran Affandi, Razak, Azrul Azwar, Widiapati dan Ichsan Utama) ke kongres ARMSA (Asian Regional Medical Students Association atau sekarang bernama AMSA, Asian Medical Students Association) memperkuat gagasan ini. Setelah konsolidasi antar fakultas kedokteran, terbentuklah IMKI pada Deklarasi Cimacan tahun 1969 dengan ketua terpilih Biran Affandi dan pada masa IMKI, keanggotaan berupa perseorangan dan bukan senat mahasiswa.

PEMBENTUKAN ISMKI

Berawal dari kebijakan Dirjen DIKTI yang mengeluarkan konsep NKK (Normalisasi Kebijakan Kampus) yang salah satunya dengan membentuk IMSM (Ikatan Senat Mahasiswa Sejenis), IMKI mulai mengalami perubahan. Kebijakan ini cukup mengndang kontroversi di kalangan mahasiswa, termasuk mahasiswa kedokteran sendiri. Saat diadakan Pra MUNAS ISMKI di Makassar, terjadi pertentangan pendapat antar peserta yang menyetujui maupun tidak. Kemudan setelah diadakan lobi dan pendekatan, akhirnya terlaksanalah MUNAS ISMKI I di Makassar dan terbentuklah Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia pada tanggal 20 September 1981.

Munas ISMKI I di Makasar berhasil membuat keputusan dan menetapkan :

  1. AD/ART ISMKI
  2. Garis-garis pokok kebijaksanaan ISMKI
  3. Presidium ISMKI dan MPM (Majelis Pertimbangan Musyawarah)
  4. BP Munas dan Sekjen ISMKI. Sekjen terpilih yaitu Faried dari UGM.

ISMKI MASA KINI

Setelah sekian lama ISMKI berkiprah mengembangkan Indonesia, kini ISMKI semakin matang. Dengan didukung oleh delapan bidang yang bergerak menurut fungsi strategisnya, ISMKI semakin mantap melaksanakan fungsinya sebagai salah satu organisasi mahasiswa, yaitu pelaku perubahan. Selain itu, usaha internasionalisasi yang salah satunya tercermin dari penggunaan nama internasional untuk tiap perangkat dalam ISMKI ini diharapkan mampu mendukung kiprah ISMKI di kancah internasional. Hal yang tak kalah pentingnya adalah semangat dan karya dari mahasiswa kedokteran itu sendiri sebagai bagian dari ISMKi dan masyarakat Indonesia. Semoga semangat membara yang diwariskan para pendahulu dapat terus berkobar tanpa menjadi abu yang hanya dapat dikenang dan tidak berdampak apa-apa bagi bangsa kita. (FIT)

 

 

Sumber : Buku Putih ISMKI

 

1 thought on “Sejarah Umum ISMKI

Leave a Reply