ISMKI PEDULI SINABUNG

​Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia (ISMKI) kembali menyalurkan bantuan bencana erupsi Gunung Sinabung pada Sabtu-Minggu, 22-23 Februari 2014 melalui bidang Pengembangan Masyarakat ISMKI. Sebelum disalurkan, dana dikumpulkan secara mandiri oleh BEM/PEMA/LEM FK Se-Indonesia dan dikumpulkan ke Bidang Pengembangan Masyarakat ISMKI. Dana yg terkumpul mencapai Rp. 26.000.000,- dengan dua kali penyaluran, yang pertama telah disalurkan oleh Bidang Pengembangan Masyarakat ISMKI Wilayah 1 (red: Sumatera) pada 26 Januari 2014 sebesar Rp. 5.400.000,- dan yang kedua pada 22-23 Februari 2014 sebesar Rp. 21.600.000,- oleh para Pengurus Harian Nasional (PHN) ISMKI dan Pengurus Harian Wilayah (PHW) ISMKI Wilayah 1 yang dipimpin langsung oleh Sekretaris Jenderal ISMKI, Rais Reskiawan. ​

Bantuan yang disalurkan dalam bentuk sembako seperti beras, mie instan, air mineral, kecap, cabe, minyak goreng serta ikan kaleng. Sarung, selimut, popok bayi, susu serta minyak kayu putih juga menjadi pilihan bantuan mengingat udara dingin, berabu dan banyaknya pengungsi usia balita. Disamping itu ada juga makanan ringan untuk anak-anak yang bertujuan untuk menghibur dan memberi semangat anak-anak di pengungsian. Ada 2 posko pengungsian yang mendapat bantuan dari ISMKI pada penyaluran bantuan kali ini, yaitu posko GBKP Sentrum Kabanjahe serta posko Losd Surbakti/Gudang Jeruk. ​Posko pengungsian GBKP Sentrum Kabanjahe menampung 486 jiwa yang terdiri dari 174 KK dan 134 diantaranya merupakan anak usia sekolah. Secara umum logistik di Posko ini cukup untuk 3 hari ke depan, hanya saja mereka mengeluhkan kurangnya pasokan lauk pauk dan sayur mayur untuk kebutuhan dapur umum mereka karena kurangnya dana. ​Sedangkan posko pengungsian Losd Surbakti/Gudang Jeruk menampung  481 jiwa yang terdiri dari 176 KK dan 148 diantaranya merupakan anak usia sekolah. Posko ini merupakan posko terdekat dari kaki gunung Sinabung, yaitu radius 8 KM.

Secara umum, kondisi pengungsiannya sudah cukup baik, sanitasi pun sudah memadai bagi para pengungsi, namun para pengungsi sepertinya sudah bosan di pengungsian karena sudah hampir 5 bulan mengungsi. Para PHN dan PHW ISMKI membuat games, penyuluhan, dan tanya jawab untuk para pengungsi agar mereka bisa terhibur dan mengurangi rasa bosan akibat 5 bulan berada di pengungsian. Pengungsi terlihat antusias dan gembira mengikuti acara tersebut. ​Dalam penyaluran bantuan, PHN ISMKI Indonesia dan PHW ISMKI Wilayah 1 yang berkesempatan hadir adalah Rais Reskiawan (Sekjen ISMKI 2014), Abdurahman Hadi (Wasekjen ISMKI), Yoga Mirza Pratama (Koor. Nasional Pengembangan Masyarakat), Nina Krenina (Koor. Nasional Pengembangan Kepemimpinan), Haerul Anwar Lungge (Koor. Nasional Kajian dan Strategi), Kevyn Renaldy Wiratama Popang (Koor. Nasional Infokom), Esqha Arini (Koor. Pengembangan Masyarakat Wilayah 1), dan beberapa PHN PHW ISMKI lainnya. Diharapkan dengan penyaluran bantuan ini dapat meringankan kesulitan para pengungsi korban Erupsi Gunung Sinabung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Threesome