Indonesia Gives Back

Indonesia Gives Back

Indonesia Gives Back (IGB) 2014 With Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia(ISMKI) merupakan wujud pergerakan mahasiswa kedokteran untuk ikut berkontribusi nyata membangun kesehatan masyarakat berupa kegiatan Penggalangan Dana yang dilakukan di 22 insititusi anggota ISMKI Wilayah 4. Insitusi tersebut menyebar dari Jawa Timur, Sulawesi, Bali, Nusa Tenggara, Maluku, hingga Papua. Hasil Penggalangan Dana kemudian akan disalurkan kepada penderita kurang gizi, gizi buruk dan masyarakat berperekonomian rendah di salah satu daerah di provinsi Nusa Tenggara Timur.

Indonesia Gives Back  awalnya dibentuk karena timbul pemikiran bahwasanya kegiatan baksos yang biasa dilakukan oleh mahasiswa kedokteran tidak memiliki pengaruh jangka panjang. Terdapat konsep “hit and run” pada kebanyakan baksos yang dilakukan, artinya baksos yang dilakukan tidak memiliki jangka panjang dan hanya terfokus pada 1 hari sehingga kurang memiliki pengaruh yang begitu besar di masyarakat. Oleh karena itulah, sejak tahun 2012, ISMKI mengkaji hal tersebut dan memutuskan untuk merubah paradigma masyarakat mengenai baksos dengan cara mengadakan kegiatan baksos jangka panjang yang sekarang disbut dengan Indonesia Gives Back (IGB) 2014 .

 

Tujuan Kegiatan

  1. Mengembangkan masyarakat di daerah yang memiliki permasalahan gizi dan kesehatan
  2. Membangkitkan antusiasme mahasiswa kedokteran dan masyarakat Indonesia untuk berperan dalam peningkatan kualitas gizi dan kesehatan masyarakat
  3. Menanamkan realitas nilai kemanusiaan dan kehidupan yang ada di lokasi penyaluranbantuan yang tidak didapatkan di daerah atau institusi masing-masing sehingga IGB bermanfaat bagi perwakilan institusi yang hadir dan penduduk lokasi penyaluran bantuan
  4. Membantu target Indonesia untuk mencapai goal dalam program WHO yaitu Millenium Development Goals (MDG’s) tahun 2015

Mari bersama membangun Indonesia yang lebih baik dengan saling peduli terhadap sesama. Langkah kecil yang dapat mengubah hidup mereka, dan jadilah bagian dari perubahan besar melalui Indonesia Gives Back (IGB) 2014.

 

Leave a Reply