Gerakan Mayarakat Cerdas menggunakan obat (Gema Cermat)

Acara diadakan oleh   : Kementerian Kesehatan

Hari,Tanggal/Jam      : Jumat, 27 November 2015/ 13.00-16.00

Lokasi                            : Kantor Kementrian Kesehatan

Acara                             : Talkshow, pengangkatan kader Gema Cermat dan sosialisasi Gema Cermat

Peserta                          : Organisasi Profesi Kesehatan, Organisasi Mahasiswa Kesehatan (ISMKI, ISMFARSI, Kader-                                             kader Posyandu di DKI Jakarta

Latar Belakang Acara :

Gema Cermat merupakan kegiatan lanjutan dalam perayaan Hari Kesehatan Nasional. Tema mengenai penggunaan obat diambil berdasarkan keadaan masyarakat yang masih minim sekali pengetahuan mengenai penggunaan obat di Indonesia terutama obat antimikroba. Maka dari itu Menteri Kesehatan merasa butuh sebuah kegiatan untk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pengguaan obat saat ini.

Detail Acara                :

Kementrian Kesehatan pada tanggal 27 November 2015 mengadakan kegiatan sosialisasi  Gerakan Mayarakat Cerdas menggunakan obat (Gema Cermat). Sebuah kegiatan lanjutan pada perayaan Hari Kesehatan Nasional, dimana program tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang penggunaan obat. Permasalahan minimnya pengetahuan masyrakat akan penggunaan obat sangatlah minim. Contohnya mengenai permasalahan resistensi anti mikroba di Indonesia, hari demi hari terus meningkat begitu banyak kompenen di dalamnya mulai dari tenaga medis, instansi kesehatan dan masyrakat perlu di tingkatkan kesadaranya akan cara penggunaan obat. Permasalah resitensi Anti Mikroba khususnya berdampak pada banyak hal ; contohnya meningkatnya angka mortalitas ,tingginya biaya pengobatan. Di Indonesia tiap tahunya di perkirakan membutuhkan dana sebesar 56 T dimana kurang lebih jumlah penduduk populasi di Indonesia sebanyak 250 M dan angka kematian karena kasus infeksi >135.000 kematian /tahunya.

Bentuk Program Gerakan Mayarakat Cerdas menggunakan obat (Gema Cermat) berupa pelatihan dan pemilihan kader Gema Cermat yang di pilih oleh Kementrian Kesehatan. Dimana target awal akan di lakukan pelatihan pada 14 Rumah Sakit Rujukan Nasional dan 110 Rumah Sakit Rujukan Regional ,pelatihan – pelatihan tersebut di harapkan dapat meningkatkan kesadaran masyrakat dan tenaga medis dalam penggunaan obat-obatan yang beredar pada masyrakat.

Oleh :

Nurina Mutia (Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta)

Yoga Ramadhan (Yoga Ramadhan)

 

Lampiran:

Foto dokumentasi acara Gema Cermat

 

 

1

2

3

 

Threesome