Effective Leadership

Pemimpin tim yang efektif memiliki beragam sifat dan karakteristik yang mendorong anggota tim untuk mengikutinya. Lalu kualitas pemimpin seperti apakah yang harus dimiliki? Agar dapat mengilhami kepercayaan dan rasa hormat dari tim dan merangsang produktivitas kerja tim? Berikut 10 kualitas yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin yang efektif :
– Communication
Pemimpin tim yang efektif berkomunikasi dengan jelas. Keterampilan komunikasi verbal dan non verbal yang berkualitas memungkinkan para pemimpin untuk mempresentasikan harapan kepada anggota tim dengan cara yang dapat dimengerti. Keterampilan komunikasi yang efektif juga memungkinkan pemimpin tim untuk mendengarkan masukan orang lain.

– Organization
Keterampilan organisasi membantu pemimpin tim merencanakan tujuan dan strategi, yang memungkinkan anggota tim untuk tampil optimal.

– Confidence
Pemimpin tim yang efektif yakin akan kemampuannya dan percaya diri akan kemampuan anggota timnya. Pemimpin yang percaya diri yakin dalam keputusan yang dia buat untuk timnya. Pemimpin tim yang percaya diri juga meyakinkan anggota tim tentang kewenangannya dalam organisasi.

– Respectful
Pemimpin tim berkualitas menghormati anggota timnya. Pemimpin yang terhormat memberdayakan anggotanya dengan mendorong mereka untuk menawarkan gagasan tentang keputusan yang mempengaruhi mereka.

– Fair
Pemimpin tim yang berkualitas memperlakukan anggota tim dengan adil. Konsisten dengan penghargaan dan pengakuan, serta tindakan disipliner. Pemimpin yang adil memastikan semua karyawan menerima perlakuan yang sama.

– Integrity
Pemimpin tim yang efektif jujur ​​dan terbuka dengan anggota timnya. Pemimpin yang memiliki integritas mendapatkan kepercayaan dari anggota tim karena dia melakukan apa yang dia katakan dan memperlakukan orang lain dengan cara yang sama seperti dia ingin diperlakukan.

– Influential
Pemimpin berpengaruh membantu menginspirasi komitmen anggota tim untuk memenuhi tujuan dan sasaran perusahaan. Pemimpin yang berpengaruh juga membantu mengelola perubahan di tempat kerja dengan mendapatkan kepercayaan pekerja melalui pengambilan keputusan dan komunikasi yang efektif.

– Delegation
Pemimpin tim yang efektif tahu bagaimana membagi kepemimpinan melalui delegasi. Mendelegasikan tugas-tugas tertentu kepada anggota tim yang dapat dipercaya memungkinkan pemimpin untuk berfokus pada peningkatan fungsi dan produksi di tempat kerja.

– Facilitator
Pemimpin tim yang efektif adalah fasilitator yang hebat. Sebagai fasilitator, pimpinan tim membantu pekerja memahami tujuan mereka. Mereka juga membantu menyusun rencana tindakan untuk memastikan anggota tim memenuhi tujuan dan sasaran mereka secara lebih efisien.

– Negotiation
Pemimpin tim memanfaatkan kemampuan negosiasi untuk mencapai hasil dan mencapai pemahaman jika terjadi konflik di tempat kerja. Pemimpin tim yang bernegosiasi secara efektif merampingkan proses pengambilan keputusan, sekaligus memecahkan masalah demi kepentingan terbaik setiap orang yang terlibat.

Threesome