Big Five Personality Traits # O.C.E.A.N.

Hai kawan-kawan mahasiswa kedokteran!

Kali ini kita akan membahas tentang kepribadian yang dikaitkan dengan tipe-tipe kepemimpinan melalui pembagian yang disingkat O.C.E.A.N. 

O.C.E.A.N. berasal dari Openness, Conscientiousness, Extraversion, Agreableness, dan Neuroticism.
#Openness : artinya keterbukaan seseorang terhadap berbagai hal yang ia terima. 

Jika Openness nya tinggi, maka orang tersebut memiliki pengetahuan yang luas, kreatif, suka terhadap pengalaman yang baru, mencoba hal-hal yang out of the box, dsb. 

Jika Openness nya rendah, maka orang tersebut lebih tertutup terhadap hal-hal yang diluar kebiasaannya, sukar berimajinasi, tidak tertarik pada hal-hal yang abstrak, dsb.
#Conscientiousness : artinya kecenderungan seseorang untuk bersikap disiplin, tertata, dan membuat rencana.

Jika Conscientiousness nya tinggi, maka orang tersebut suka mengikuti prosedur, jadwal yang ia buat, tertata dalam segala hal, rapi dalam pekerjaan, dan memiliki persiapan yang matang dalam segala hal.

Jika Conscientiousness nya rendah, maka orang tersebut suka hal-hal yang bersifat spontan, tidak rapi dalam menata barang, dan tidak suka mempersiapkan segala sesuatu sampai segalanya terlihat rapi.
#Extraversion : artinya kecenderungan seseorang untuk mendapatkan energi dan kebahagiaan dari orang-orang lain.

Jika Extraversion nya tinggi, maka orang tersebut lebih senang berkomunikasi dengan banyak orang, suka menjadi pusat perhatian, sering memulai pembicaran, dan bersemangat jika bekerja dalam kelompok.

Jika Extraversion nya rendah, maka orang tersebut lebih senang sendiri, lebih memilih untuk diam ketika dalam keramaian, lebih senang bekerja sendiri, dan tidak suka menjadi pusat perhatian.
#Agreeableness : artinya kecenderungan seseorang untuk memerhatikan keharmonisan social.

Jika Agreeableness nya tinggi, maka orang tersebut dapat bersimpati maupun empati terhadap orang lain, suka meringankan beban orang lain, suka mendengar keluhan orang lain, dan bersikap rendah hati.

Jika Agreeableness nya rendah, maka orang tersebut kurang peduli terhadap masalah orang lain, enggan membantu orang yang sedang kesusahan, tidak tertarik terhadap urusan orang lain, dan tidak memerhatikan perasaan orang lain.
#Neuroticism : artinya kecenderungan seseorang untuk lebih mudah merasakan emosi yang negative, kemarahan, dan depresi.

Jika Neuroticism nya tinggi, maka orang tersebut akan lebih mudah tersinggung, marah, moody, depresi, kecewa, dsb.

Jika Neuroticism nya rendah, maka orang tersebut akan lebih mudah dalam menahan ego, lebih tenang dalam menghadapi masalah, dan tidak mudah goyah.
Dalam penggunaan klasifikasi O.C.E.A.N., kita menilai kepribadian seseorang pada setiap poin yang telah dijabarkan, menggunakan penilaian yang simple, yaitu “tinggi” atau “rendah”. 

Contohnya adalah :

O tinggi, C rendah, E tinggi, A rendah, dan N tinggi.
Semua pemimpin dapat memiliki tipe kepribadian yang berbeda-beda berdasarkan klasifikasi O.C.E.A.N. ini, dan semuanya dapat menjadi baik asalkan digunakan dalam kondisi yang tepat. Masuk manakah kategori mu? Yuk Comment dibawah!
#LDNasional

#ISMKISatu
www.ismki.org | @ISMKI_Indonesia

Threesome