ADA APA DI 4th IMSS 2016?

4th IMSS

Indonesian Medical Student Summit (IMSS) adalah sebuah rangkaian kegiatan musyawarah mahasiswa kedokteran seluruh Indonesia yang diadakan rutin setiap tahun oleh ISMKI beserta lembaga kelengkapannya, BAPIN dan BPN yang bekerjasama dengan universitas-universitas di Indonesia. Pada tahun ini, tuan rumah dari 4th IMSS 2016 adalah Fakultas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang.

Selain melibatkan keorganisasian fakultas (presbem), ISMKI, Bapin, dan BPN. Kegiatan ini juga merupakan ajang pertemuan bagi para delegasi terbaik dari seluruh FK di Indonesia. Kegiatan IMSS sendiri diselenggarakan selama 4 hari di Kota Semarang terhitung sejak 4 hingga 7 Februari 2016. Esensi yang dapat kami dapatkan dari kegiatan IMSS sendiri sangatlah banyak. Konten kegiatan berupa Munas, diskusi bidang, bahkan laporan pertanggungjawaban kepengurusan begitu meninggalkan kesan di hati para delegasi. Selain karena pengemasan acara yang cukup ciamik, banyak pengalaman yang dapat kami himpun dari tiap susunan acaranya. Bahkan IMSS sendiri dapat menjadi tempat terbaik untuk memperluas relasi antar peserta karena keragaman universitas yang mengikuti acara ini.

Agenda pertama yang dipersiapkan oleh panitia pastilah tak jauh-jauh dari persembahan Unissula sebagai tuan rumah yang diwujudkan dalam sebuah Welcoming Party. Setelah para delegasi diminta untuk mengumpulkan berkas pendelegasian dan beristirahat sejenak di ruangan yang dipersiapkan oleh panitia, kami semua langsung dipersilahkan ke lantai 3 untuk mengikuti acara WP. Setelah disambut dengan baik oleh SC dan OC acara pada acara tersebut, serta beramah-tamah dengan delegasi dari seluruh universitas di Indonesia, mulailah agenda formal dari IMSS. Hari pertama diisi dengan penentuan tata tertib sidang, pemilihan presidium tetap, pembahasan AD/ART, lalu diakhiri dengan pembahasan GBHO pada pukul 01.00 malam. Musyawarah hari pertama berlangsung seru dan cepat memanas, yang menandakan antusiasme yang tinggi dari para delegasi.

Hari kedua tidak kalah seru dan panas. Acara diawali dengan agenda pembacaan LPJ oleh koordinator PHN kabinet Sabang Merauke, dari sesi LPJ jajaran EB sampai staf bidangnya, pembacaan LPJ terbilang lancar dan hanya ada beberapa pertanyaan dan kritik saran. Akhirnya LPJ di terima dengan syarat di sempurnakan saja. Dan sesi yang di tunggu-tunggu, meskipun terlambat dari timeline dan sebelumnya ada perdebatan panas di sesi KPU, pemilihan Sekretaris Jenderal Terpilih Periode 2016/2017 bisa di lakukan, di awali dengan pembacaan GD visi misi oleh calon nomer urut 1 dan 2, yang setelahnya ada musyawarah untuk memilih, musyawarah ini semakin memanas dan berlangsung panjang karena pihak pendukung yang membangun kekuatan masing-masing, dari musyawarah, lobi musyawarah, lobi lagi, yang berakhir dengan voting, dan terpilihlah nomer urut 1, Irwanda, S. Ked sebagai Sekjenter Periode 2016/2017.

Hari ke tiga di awali dengan acara Project Fair, disini berbagai institusi dari Fakultas Kedokteran di seluruh Indonesia memamerkan program kerja terbaiknya untuk dipresentasikan. Kemudian dilanjutkan dengan diskusi Dokter Layanan Primer (DLP) oleh pembicara di bidangnya dan sempat menimbulkan ketegangan akibat perdebatan antara pro dan kontra mengenai DLP. Acara disambung dengan pembahasan tenderisasi dan rekomendasi munas. Dilanjutkan dengan pelantikan PHN Periode, Sekwil dan Sekjenter 2016/2017. Acara belum berakhir sampai disana, malam yang sudah larut dilanjutkan dengan sesi mukernas yaitu sesi SCO, dimana berkumpul sesuai dengan bidang dan penyampaian SCO dari PHN ke delegasi, walaupun larut acara berlangsung seru, dan penyampaian SCO beserta pembacaan proker berlangsung lancar.

Hari keempat atau terakhir 4th IMSS 2016 diisi dengan diskusi panel mengenai NCDs. Acara ini diisi dengan narasumber yang mumpuni di bidangnya. Selain itu ada pula sesi Presmeet dan Tenderisasi dari acara-acara ISMKI Nasional. Dan para pemenang Tendernas pun berhasil didapatkan, yaitu Universitas Hassanudin (NMDP), Universitas Islam Al- Azhar (Rakornas), Universitas Airlangga (LKMM Nas’16) dan Universitas Islam Sumatera Utara (6th IMSS).

Dan tidak terasa, rangkaian acara 4th IMSS 2016 hampir berakhir. Malam hari diisi oleh Farewell Party. Para peserta dibuat takjub dengan konsep acara yang apik dengan tema elegan dan keren banget. Para pesertapun disuguhi suasana santai kekeluargaan dengan berbagai hiburan yang menarik. Selain hiburan panggung yang memukau, makanan yang disediakan pun memuaskan selera. Disini juga di umumkan juara dari poster ilmiah dan video publik IMSS beserta awards dari acara yang diselenggarakan oleh bidang HPS Nasional seperti Bulan Aksi dan Pesta Gagasan.

4th IMSS 2016 telah membawa kesan yang mendalam di hati para peserta. Walaupun sedikit kelelahan karena kegiatan yang berlangsung larut, dari subuh hingga menjelang subuh, namun berbagai manfaat bisa didapatkan setelah mengikuti kegiatan nasional ISMKI ini. Tidak hanya bertemu orang baru, menimba ilmu baru, mendapat sudut pandang baru namun juga mendapat inspirasi baru. Tentu saja tidak terlepas dari kerjasama panitia 4th IMSS 2016 dari Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sultan Agung yang telah mengatur acara 4 hari ini secara apik dan antisipatif. Sebuah apresiasi yang besar pantas mereka dapatkan mengingat tidak mudahnya tugas sebagai tuan rumah IMSS. Terima kasih Unissula ! Terima kasih ISMKI ! Terima kasih para delegasi ! Semoga kegiatan ini tidak hanya tertinggal di Kota Semarang saja, namun bisa menjadi bingkisan bagi institusi masing-masing untuk menambah semangat juang pergerakan mahasiswa Indonesia khususnya di bidang kesehatan. (DPMG)

Threesome