Hari Pendidikan Nasional ditetapkan jatuh pada tanggal 2 Mei. Tanggal tersebut, dimana merupakan tanggal lahir dari Ki Hadjar Dewantara. Beliau adalah pahlawan yang berjasa besar dalam dunia pendidikan di Indonesia. Atas jasa-jasanya dalam perkembangan dunia pendidikan di Indonesia, beliau dianugerahi gelar Bapak Pendidikan Nasional pada tahun 1959.

Dalam kehidupan suatu bangsa, pendidikan mempunyai peranan yang amat penting untuk menjamin perkembangan dan kelangsungan kehidupan. Salah satu tujuan perjuangan pergerakan kemerdekaan Indonesia adalah memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

Pembangunan pendidikan berkualitas juga merupakan salah satu target pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) untuk mendorong kesejahteraan semua kalangan.

Bidang pendidikan nasional masih memiliki banyak celah yang dapat dibenahi. Dengan mengetahui sejarah Hardiknas diharapkan kita dapat lebih memahami makna Hari Pendidikan Nasional itu sendiri. Sehingga dunia pendidikan di tanah air ini akan semakin maju dan berkualitas.

“Ing ngarsa sung tulada, ing madya mangun karsa, tut wuri handayani.” -Ki Hajar Dewantara

Sumber : Ristekdikti

#ISMKINYATA

Menjadikan ISMKI Tindak Berbuat Nyata
www.ismki.org | @ISMKI_Indonesia

Categories: Hari Besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *