Hari Buruh merupakan hari libur di Indonesia yang diperingati setiap tanggal 1 Mei. Hari ini diperingati sebagai bentuk perayaan bagi kontribusi para buruh bagi pembangunan ekonomi bangsa, dan untuk memberikan kesempatan bagi para buruh mensuarakan hak-hak mereka yang belum mereka peroleh dan masih diperjuangkan.

Sejarah hari buruh internasional diperingati pada abad ke-19 dalam rangka menghormati para buruh yang terbunuh secara masal di Haymarket Amerika Serikat.

Salah satu peristiwa terbesar dalam hari Buruh adalah kegiatan demonstrasi buruh. Setiap tahun, buruh dalam jumlah yang sangat besar berkumpul di Jakarta untuk berbaris menuju Istana Presiden. Mereka menggunakan seragam serikat buruh dan mengibarkan bendera serta poster.Protes dalam bentuk permainan drama teater yang mengusung isu buruh juga seringkali ditemui pada barisan panjang buruh.

Selamat Hari Buruh 2019. Buruh adalah kita, berpeluh untuk harapan hidup lebih baik bagi diri dan keluarga, sejahterakan buruh dan lindungi hak-haknya.

Sumber:
https://publicholidays.co.id/id/labour-day/

#ISMKINYATA

Menjadikan ISMKI Tindak Berbuat Nyata
www.ismki.org | @ISMKI_Indonesia

Categories: Hari Besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *