Hari Penghapusan Diskriminasi Ras Sedunia adalah hari yang diperingati setiap tahun pada tanggal 21 Maret sejak tahun 1966. Tujuannya untuk mengajak seluruh pemerintah dan masyarakat di dunia untuk memerangi rasisme di manapun dan kapanpun.

Rasisme adalah suatu sistem kepercayaan atau doktrin yang menyatakan bahwa perbedaan biologis yang melekat pada ras manusia menentukan pencapaian budaya atau individu – bahwa suatu ras tertentu lebih superior dan memiliki hak untuk mengatur ras yang lainnya.

Pada tanggal 21 Maret yang telah diproklamasikan pada tahun 1966 oleh Majelis Umum PBB sebagai Hari Internasional untuk Penghapusan Diskriminasi Rasial – semua mata masyarakat dunia tertuju pada masalah ini.

Tanggal 21 Maret dipilih sebagai hari Penghapusan Diskriminasi Rasial Sedunia untuk memperingati tragedi Sharpeville. Tragedi ini berupa kerusuhan antara kepolisian dan para demonstran di Sharpeville Afrika Selatan pada tanggal 21 Maret 1960. Dimana para demonstran memprotes hukum yang rasis dan penuh dengan diskriminasi dan terdapat 69 orang tewas dan puluhan lainnya luka-luka.

Sumber: Www.un.org/en/events/racialdiscriminationday/

#ISMKINYATA
Menjadikan ISMKI Tindak Berbuat Nyata
www.ismki.org | @ISMKI_Indonesia

Categories: Hari Besar

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *