PR2 rev

 

Ketika relasi menjadi sebuah kebutuhan, diperlukan adanya bagian yang menjalankan tugas ini. Public Relation (PR) hadir mewakili ISMKI membangun relasi kepada media massa, lembaga pemerintahan maupun non pemerintahan, organisasi masyarakat, mahasiswa kedokteran, alumni dan berbagai pihak lain yang terkait. Walau kelihatannya bidang yang biasa disebut bidang Humas ini tidak memiliki kerja yang spefisik, PR ternyata memiliki tugas penting sebagai penghubung maupun penyambung lidah bagi ISMKI untuk menyampaikan ide atau gagasannya kepada masyarakat luas atau pihak yang dituju. Dalam hal ini PR bekerja sama dengan media massa, media partner ISMKI juga ICT.

Sebagaimana bidang lainnya, PR mempunyai visi untuk menjadi garda terdepan dalam mewujudkan visi misi ISMKI. Humas berusaha menampilkan ISMKI sebagai organisasi kedokteran yang menyenangkan, bersahabat, ramah dan terbuka. Hubungan dengan IOMS (Ikatan Organisasi Mahasiswa Sejenis) dan pemerintah serta alumni juga diperkuat. Tak lupa hubungan yang baik dengan berbagai pihak luar juga diusahakan. Semua itu tak lain sebagai salah satu pilar kokohnya pergerakan yang dikoordinir oleh ISMKI.

Tidak hanya menjadi wacana saja, PR melakukan langkah nyata untuk memenuhi tugasnya, antara lain sebagai berikut:

Mailing List

Memberdayakan e-mail untuk memperluas informasi kepada mahasiswa kedokteran, PR menerbitkan mailing list untuk menghimpun informasi dan bahan diskusi untuk mahasiswa kedokteran Indonesia. Mailing list ini digunakan untuk meng-update informasi penting maupun publikasi kegiatan mahasiswa kedokteran terutama yang difasilitasi dan dikoordinir oleh ISMKI.

Representatif

Dengan tugas utama menjadi narahubung bagi ISMKI, PR menjalankan amanat sebagai wakil ISMKI kepada stakeholder. Hubungan baik yang terjaga antara pihak pemerintah dan ISMKI dapat terwujud pada terlaksananya kegiatan dengar pendapat atau audiensi dalam hal isu-isu yang berhubungan dengan kesehatan masyarakat ataupun nasib mahasiswa kedokteran. Selain itu, hadirnya pihak yang terkait pada acara ISMKi serta tersampaikannya aspirasi yang dititipkan ke ISMKI merupakan wujud tanggung jawab PR.

Hal-hal lain yang dijalankan PR antara lain yaitu membangun kerja sama dan hubungan baik antar organisasi IOMS serta media partner yang telah terjalin, menentukan konsep video profile ISMKI bersama ICT serta menjaga hubungan baik dengan forum alumni. Walaupun bukan hal yang mudah, namun PR tetap mengusahakan yang terbaik, sebagaimana tagline yang diusungnya, “Berelasi dengan Menginspirasi.” Kamu mau gabung? (FIT)

Categories:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *