image

Salah satu tanggal penting yang harus diingat masyarakat dunia adalah Hari Kesehatan Dunia. Hari Kesehatan Dunia diperingati setiap 7 April setiap tahunnya. Hari kesehatan dunia diperingati sebagai hari berdirinya WHO di bawah Badan Dunia PBB, yakni 7 April 1948. Di dunia, terutama di Indonesia, ada banyak sekali masalah kesehatan. Setiap tahun WHO memiliki tema khusus untuk memperingati Hari Kesehatan Dunia. Pada tahun ini, tema yang diusung oleh WHO adalah “From Farm to Plate, Make Food Safe”. Hal ini dilatarbelakangi oleh data terbaru WHO mengenai bahaya yang disebabkan oleh makanan yang tidak aman dapat menjadi ancaman global. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Foodborn Disease Burden Epidemiology Reference Group (FERG), WHO, diperkirakan terdapat 582 juta kasus penyakit enterik bawaan makanan dan 351 ribu diantaranya mati. Etiologi paling umum untuk kasus tersebut adalah Salmonella typhii dengan angka kematian mencapai 52 ribu.

Hari Kesehatan Dunia dipandang sebagai hari yang menarik perhatian dunia untuk menyadari masalah-masalah besar kesehatan global setiap tahunnya. Ada banyak cara untuk menarik perhatian orang untuk peduli masalah kesehatan, mulai dari mengadakan seminar kesehatan, menyebarkan pamflet di jalanan, dan lain sebagainya. Salah satu bentuk kampanye sederhana yang bisa dilakukan oleh siapa saja dan dimana saja adalah mengunggah foto mengenai masalah kesehatan ke akun media sosial seperti instagram, twitter, dan facebook. Hal ini lah yang dilakukan oleh Ikatan Senat Mahasiswa Indonesia (ISMKI) untuk mengajak masayarakat medis dan non medis untuk berpartisipasi sekaligus menyadarkan masyarakat mengenai masalah-masalah kesehatan di Indonesia. Mengacu pada tema besar yang diusung oleh WHO, ISMKI menetapkan #Foodsafety sebagai tema kampanye hari kesehatan dunia tahun ini. ISMKI menyadari bahwa masalah di Indonesia bukan hanya terbatas pada makanan sehingga foto yang diunggah tidak melulu harus masalah kesehatan makanan.

Kampanye melalui media sosial yang dilakukan ISMKI ini disambut baik oleh masyarakat dilihat dari banyaknya foto yang diunggah ke akun media sosial mereka. Foto-foto tersebut dapat dilihat melalui akun instagram ISMKI (@ismki_indonesia). Satu foto yang diunggah dapat menyebarkan semangat Hari Kesehatan Dunia ke seluruh dunia dan mengundang orang lain untuk melakukan hal yang sama. Akan tetapi, yang perlu diingat adalah masalah kesehatan yang terperangkap dalam sebuah foto tidak akan berubah apabila tidak ada tindakan nyata. Masa depan kesehatan dunia berada di tangan kita sebagai generasi muda untuk menciptakan keadaan yang lebih baik dibandingkan hal yang ada di foto.

Beberapa foto yang diunggah ke media sosial dintaranya adalah
image

Once again,
THANK YOU for All Participants. We’ve seen many shared photos today as a “Safety Food” campaign from us and for us.

All those dangerous/bad/junk FOOD we captured are VERY EASY to FIND, EVERYDAY 🙂

Yet, we still EAT those food eventhough we KNOW the RISK 🙁

Then, from now on! Let’s CHANGE our bad-eating-habbit. Because our HEALTH is IMPORTANT for the future of INDONESIA and WORLD.

Happy #WorldHealthDay Everyone
Selamat Hari Kesehatan Dunia 2015!!

ISMKI 2015,
#SabangMerauke

Categories:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *