dr. white

Judul                                                     : Dr. White

Penulis                                                 : Adipati Sabrang El-Faruq

Penerbit                                              : Divapress

Kota Terbit                                          : Jogjakarta

Tahun terbit                                       : 2012

Tebal/jumlah halaman                   : 274

ISBN                                                      :  978-602-7663-10-7

 

Novel  berjudul Dr. White karya Adipati Sabrang El-Faruq atau lebih dikenal dengan nama Achmad Fauzi ini adalah novel fiksi yang menceritakan seorang pria yang mati mulia karena kekuatan doa dan cinta. Jika kita melihat cover novel ini, tentunya kita berpikir bahwa tokoh utamanya adalah seorang pria baik hati yang selalu melakukan kebaikan di dalam kehidupannya yang pada akhir hidupnya dia mati. Jika kalian berpikir seperti itu, maka kalian salah!

Kisah ini berawal dari seorang mahasiswa kedokteran berprestasi asal Inggris bernama Arthur Larry White yang difitnah telah memperkosa dan mencoba membunuh kekasihnya sendiri, Luna, sehari sebelum pengukuhan gelar dokter. Akibat tuduhan tersebut, Arthur Larry White kehilangan kesempatan untuk menjadi dokter sungguhan dan masuk penjara. Semua orang membencinya temasuk dirinya sendiri. Semenjak saat itu Arthur berubah 180 derajat. Dia menjadi penjahat.

Hidup Arthur sangatlah berantakan. Ia menjadi perampok, pegulat ilegal, dan menjadi pemabuk setiap malam. Ia sudah tidak peduli hidupnya sendiri sampai ia bertemu dengan gadis pemilik apartemen bernama Alice, anak kecil berusia 8 tahun bernama Nisa, dan remaja broken home  bernama Finn yang menuntunnya mencari sebuah kunci gerbang kebenaran. Kunci inilah yang menjadi anugrah bagi Arthur yang mengubah cara pandang dan jalan hidupnya.

Novel ini memiliki alur maju-mundur untuk mengangkat hal-hal menarik dari masa lalu Arthur yang gemilang sampai kepedihan-kepedihan yang ia rasakan setelah kejadian pemfitnahan terhadap dirinya. Mungkin awalnya alur ini akan membuat pembaca sedikit bingung, namun justru itulah yang menjadi kelihaian penulis untuk menggali rasa penasaran pembaca agar tetap membaca novelnya.

Terdapat banyak amanah di dalam novel ini yang dikemas dalam kata-kata yang akan membuat kita merenung namun tidak terkesan menggurui. Novel ini akan membuat pembaca hanyut dalam perasaan yang menyentuh relung hati terdalam dan menguatkan jiwa yang rapuh. Kata-kata yang bisa menjadi renungan kita semua dari novel ini berbunyi sebagai berikut: Diperlukan kegelapan yang sangat pekat untuk melihat cahaya yang kukuh dan sejati. Artinya, cahaya yang sesungguhnya tidak akan pernah musnah meski berhadapan dengan kegelapan sebesar apa pun. Kebaikan yang sesungguhnya tidak akan musnah meski berhadapan dengan kejahatan sebesar apa pun.

 

Selamat Membaca.

 

Review and protograph by Praraous

Dr. White: Doa dan Cinta yang Mengantarkan Mati Mulia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *